Friday, August 19, 2016

Menjelang Idul Fitri dan Tahun Pelajaran Baru

Apakah kita sudah mempersiapkan diri untuk menjalani satu tahun yang akan datang?

Saya diajarkan bahwa bermimpi itu gratis. Kamu bisa bermimpi apa saja, tidak ada batasan sama sekali.

Untuk mencapai mimpi tersebut kamu hanya perlu mengenali siapa dirimu sesungguhnya. Semua kelebihan dan kekuranganmu.

Saya seorang yang selalu senang mempelajari hal berbau sains, senang membaca, penyabar, tidak pernah menyerah. Namun pemalas, emosional, senang menunda-nunda pekerjaan, sangat santai. Saya percaya jalani saja, bila sudah takdirnya maka akan terwujud juga.

Saya ingat betul sewaktu sekolah, dari SD hingga kuliah, lebih banyak waktu saya luangkan untuk mempelajari hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan sekolah. Khususnya pramuka dan desain grafis. Tidak ada ambisi untuk masuk ke sekolah atau kuliah favorit. Jalani saja.

Namun prinsip jalani saja tersebut kini jadi bumerang. Di usia saya yang tidak lagi muda, begitu banyak kesalahan-kesalahan yang ntah bagaimana bakal dapat saya perbaiki. Karena waktu tidak dapat diulang kembali.

Maka di malam yang baik ini, ingatlah betul bahwa yang terpenting itu SAAT INI. Karena saat ini yang bermanfaat akan jadi kenangan yang indah. Sekaligus saat ini yang bermanfaat akan jadi pilar-pilar untuk menata masa depan yang cerah.

Tidak ada yang bisa menebak masa depan itu seperti apa, oleh karenanya Doa dan Zikir jadi senjata utama kita untuk menghadapi berbagai situasi.

Tulis mimpimu besar-besar untuk satu tahun yang akan datang, misal masuk SMA/Universitas favorit, menghapal 10 juz Al-Quran, merintis bisnis sendiri, dll. Pecah-pecah jadi langkah-langkah nyata untuk mencapai mimpimu tersebut. Diskusikan dengan keluarga, kakak, guru, dan temanmu. Mintalah Doa. Rutin berzikir dan berdoa. Sangat penting agar Allah SWT memudahkan setiap langkahmu.

Seorang pandu itu setiap hari berbuat kebaikan. Kebaikan apa yang telah kamu perbuat hari ini? Kebaikan untuk orang-orang di sekitarmu? Kebaikan untuk dirimu sendiri?

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

No comments:

Post a Comment